Katup jantung bocor

Katup jantung bocor dan Solusinya
Ditulis Oleh Laksminingpuri Sanusi

Assalamualaikum wr.wb., Salam taaruf, Suami saya divonis katup mitralnya bocor dan ada diabetes melitus sejak Juli 2008. Menurut dokter jantung yang kami kunjungi kelainan tersebut didapat dari lahir atau terbentur sesuatu yang keras di bagian dada. Sampai saat ini kami masih rutin berobat ke dokter dan diberi obat Simarc 2, digoxin, maintate 2.5 mg dan uresic. Selain obat tersebut suami juga mengkonsumsi obat herbal seperti pegagan, daun dewa, mahkota dewa, tapak liman, sambung nyawa serta habbatussauda. Sebetulnya kami ingin menghentikan penggunaan obat kimia karena khawatir akan efeknya terhadap ginjal, tapi kami masih takut jika nanti berakibat fatal. Mohon saran dokter apa yang harus kami lakukan. Kami lihat klinik sehat sudah ada di daerah dekat rumah kami, akan tetapi ketika kami datang kesana masih belum beroperasi. Jazakillah khairan katsiron. Wassalamualaikum wr.wb., Laksminingpuri Sanusi
Jawaban :
Wa’alaikum Salam,Wr.Wb.
Ibu Sanusi yang saya hormati, Insya’Alloh anda dan keluarga selalu dalam lindungan Alloh SWT. Pada kondisi yang terjadi pada suami anda, dengan terdiagnosa kebocoran katup mitral maka akan kami bahas secara terperinci mengenai kebocoran tersebut yang memang didasari atas 2 penyebab penting. Yaitu Prolaps Katup Mitral dan Regurgitasi Katup Mitral.
Prolaps Katup Mitral
DEFINISI
Pada Prolaps Katup Mitral, selama ventrikel berkontraksi, daun katup menonjol ke dalam atrium kiri, kadang-kadang memungkinkan terjadinya kebocoran (regurgitasi) sejumlah kecil darah ke dalam atrium.

Sekitar 2-5% dari populasi mengalami prolaps katup mitral.
Prolaps katup mitral jarang menyebabkan masalah jantung yang serius.

PENYEBAB
Faktor resiko pada prolaps katup mitral:
- Wanita kurus yang memiliki kelainan dinding dada, skoliosis atau penyakit lainnya
- Penderita kelainan septum atrial yang letaknya tinggi pada dinding jantung (ostium sekundum)
- Kehamilan (karena menyebabkan meningkatnya volume darah dan beban kerja jantung)
- Kelelahan.

GEJALA
Sebagian besar penderita tidak memiliki gejala.
Beberapa penderita memiliki gejala sebagai berikut:
- nyeri dada
- palpitasi (jantung berdebar)
- sakit kepala migren
- kelelahan
- pusing.

Pada saat penderita berdiri, tekanan darahnya dapat turun di bawah normal.
Palpitasi terjadi akibat kelainan denyut jantung yang sifatnya ringan.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan jika terdengar bunyi 'klik' yang khas melalui stetoskop.
Jika terdengar murmur pada saat ventrikel berkontraksi, berarti terjadi regurgitasi.

Ekokardiografi (teknik penggambaran dengan gelombang ultrasonik), memungkinkan dokter untuk melihat prolaps dan menentukan beratnya regurgitasi.

Regurgitasi Katup Mitral
DEFINISI
Regurgitasi Katup Mitral (Inkompetensia Mitral, Insufisiensi Mitral) adalah kebocoran aliran balik melalui katup mitral setiap kali ventrikel kiri berkontraksi.
Pada saat ventrikel kiri memompa darah dari jantung menuju ke aorta, sebagian darah mengalir kembali ke dalam atrium kiri dan menyebabkan meningkatnya volume dan tekanan di atrium kiri.
Terjadi peningkatan tekanan darah di dalam pembuluh yang berasal dari paru-paru, yang mengakibatkan penimbunan cairan (kongesti di dalam paru-paru.

PENYEBAB
Dulu demam rematik menjadi penyebab utama dari regurgitasi katup mitral. Tetapi saat ini, di negara-negara yang memiliki obat-obat pencegahan yang baik, demam rematik jarang terjadi.
Misalnya di Amerika Utara dan Eropa Barat, penggunaan antibiotik untuk strep throat (infeksi tenggorokan karena streptokokus), bisa mencegah timbulnya demam rematik. Di wilayah tersebut, demam rematik merupakan penyebab umum dari regurgitasi katup mitral, yang terjadi hanya pada usia lanjut, yang pada masa mudanya tidak memperoleh antibiotik.
Di negara-negara yang memiliki kedokteran pencegahan yang jelek, demam rematik masih sering terjadi dan merupakan penyebab umum dari regurgitasi katup mitral.

Di Amerika Utara dan Eropa Barat, penyebab yang lebih sering adalah serangan jantung, yang dapat merusak struktur penyangga dari katup mitral.
Penyebab umum lainnya adalah degenerasi miksomatous (suatu keadaan dimana katup secara bertahap menjadi terkulai/terkelepai).

GEJALA
Regurgitasi katup mitral yang ringan bisa tidak menunjukkan gejala.
Kelainannya bisa dikenali hanya jika dokter melakukan pemeriksaan dengan stetoskop, dimana terdengar murmur yang khas, yang disebabkan pengaliran kembali darah ke dalam atrium kiri ketika ventrikel kanan berkontraksi.

Secara bertahap, ventrikel kiri akan membesar untuk meningkatkan kekuatan denyut jantung, karena ventrikel kiri harus memompa darah lebih banyak untuk mengimbangi kebocoran balik ke atrium kiri.
Ventrikel yang membesar dapat menyebabkan palpitasi ( jantung berdebar keras), terutama jika penderita berbaring miring ke kiri.

Atrium kiri juga cenderung membesar untuk menampung darah tambahan yang mengalir kembali dari ventrikel kiri.
Atrium yang sangat membesar sering berdenyut sangat cepat dalam pola yang kacau dan tidak teratur (fibrilasi atrium), yang menyebabkan berkurangnya efisiensi pemompaan jantung.
Pada keadaan ini atrium betul-betul hanya bergetar dan tidak memompa; berkurangnya aliran darah yang melalui atrium, memungkinkan terbentuknya bekuan darah.

Jika suatu bekuan darah terlepas, ia akan terpompa keluar dari jantung dan dapat menyumbat arteri yang lebih kecil sehingga terjadi stroke atau kerusakan lainnya.

Regurgitasi yang berat akan menyebabkan berkurangnya aliran darah sehingga terjadi gagal jantung, yang akan menyebabkan batuk, sesak nafas pada saat melakukan aktivitas dan pembengkakan tungkai.

DIAGNOSA
Regurgitasi katup mitral biasanya diketahui melalui murmur yang khas, yang bisa terdengar pada pemeriksaan dengan stetoskop ketika ventrikel kiri berkontraksi.
Elektrokardiogram (EKG) dan rontgen dada bisa menunjukkan adanya pembesaran ventrikel kiri.

Pemeriksaan yang paling informatif adalah ekokardiografi, yaitu suatu tehnik penggambaran yang menggunakan gelombang ultrasonik.
Pemeriksaan ini dapat menggambarkan katup yang rusak dan menentukan beratnya penyakit.

PENGOBATAN
Sebagian besar penderita tidak memerlukan pengobatan. Pada pengobatan yang terdapat di Klinik Sehat anda mencoba Cardioquid yang mempunyai komposisi berupa meniran, mengkudu, kunyit, adas pulasari, kumis kucing dan rambut jagung. Yang mempunyai manfaat terutama mengurangi kerja jantung, memperbaiki kualitas pembuluh darah jantung, mengurangi pembengkakan jantung dan memperbaiki sistem kerja jantung. Dan ditambahkan pula Garlic Herbs (bawang putih) yang mempunyai manfaat mencegah agregasi plateletdan meningkatkan aktifitas fibrinolitik sehingga sangat baik untuk hipertensi, juga jantung. Juga tidak lupa gunakan selalu Habbat Extract sebagai peningkat daya tahan tubuh dan antiperadangan terutama pada katup jantung. Anda juga dapat menjalankan terapi yang lain yang sangat baik membantu pengobatan suami anda, yaitu berupa Akupressure dan Bekam.
Jika terjadi regurgitasi, setiap kali sebelum menjalani tindakan pencabutan gigi atau pembedahan, penderita harus mengkonsumsi Abiotik sebagai pengganti antibiotik yang lebih alami karena terdapat resiko infeksi katup jantung. Selamat mencoba, semoga segala jenis penyakit yang ada dapat tersembuhkan dengan seizin Alloh SWT. Amien Ya Robil’Alamin

Comments

Popular posts from this blog

Sang Penambal Jantung Bocor

Apple iPod nano 8 GB Pink

BlackBerry Curve 8330